cover
Contact Name
Kuswono
Contact Email
historiaummetro@gmail.com
Phone
+6282278042958
Journal Mail Official
historiaummetro@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
ISSN : 23374713     EISSN : 24428728     DOI : 10.24127/hj.v11i1.5214
Field of History education, for example the model of developing historical learning. Historical Studies, for example, history of the movement, history of independence.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2019): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah" : 8 Documents clear
PELAYARAN PERDAGANGAN SRIWIJAYA DAN HUBUNGANNYA DENGAN NEGERI-NEGERI LUAR PADA ABAD VII-IX MASEHI Kabib Sholeh
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 7, No 1 (2019): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.949 KB) | DOI: 10.24127/hj.v7i1.1310

Abstract

PELAYARAN PERDAGANGAN SRIWIJAYA DAN HUBUNGANNYA DENGAN NEGERI-NEGERI LUAR PADA ABAD VII-IX MASEHI Kabib SholehPendidikan Sejarah Universitas PGRI PalembangEmail: habibsholeh978@gmail.com Abstrak       Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejarah perkembangan pelayaran dan perdagangan Sriwijaya, menganalisis bagaimana hubungan perdagangan Sriwijaya dengan negeri-negeri luar, dan bagaimana kegiatan pelayaran perdagangan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode sejarah (metode historis). Langkah-langkah  penelitian ini diantaranya adalah pertama, heuristik atau pengumpulkan sumber-sumber atau data, kedua, verifikasi sumber atau kegiatan kritik sumber dari sumber-sumber yang sudah terkumpul, ketiga, interpretasi atau teknik analisis dengan melakukan penafsiran sejarah keempat, historiografi atau kegiatan penulisan sejarah sehingga akan disintesiskan menjadi diskripsi-analisis kualitatif sejarah yang bisa dipertanggung jawabkan. Pada penelitian ini menjelaskan bahwa Sriwijaya adalah kerajaan yang dibangun bermula dari sebuah wanua kecil yang berkembang terus menerus kekuasaannya di laut sampai menjadi penguasa maritim terbesar. Sriwijaya berhasil menguasai jalur-jalur pelayaran perdagangan yang strategis di laut. Kebesaran Sriwijaya tidak lepas adanya hubungan perdagangan dengan negeri luar seperti India, Arab dan Cina, hubungan tersebut saling menguntungkan dari kedua belah pihak dalam bidang politik, ekonomi dan agama, sehingga Sriwijaya sangat diuntungkan sebagai penguasa jalur pelayaran tersebut. Kondisi yang demikian tujuan Sriwijaya sebagai penguasa laut di nusantara dapat tercapai dengan mudah atas dukungan baik secara politik, ekonomi maupun agama dari penguasa-penguasa luar.  Kata Kunci : Pelayaran, Perdagangan, Kerajaan Sriwijaya, Negeri-negeri Luar.                                                                      Abstract       The purpose of this study is to analyze the history of Sriwijaya's shipping and trading, to analyze how Sriwijaya's trade relations with foreign countries, and how the trade shipping activities. The method used in this research is historical method (historical method). The steps of this research include first, heuristics or collection of sources or data; secondly, source verification or source criticism from collected sources; third, interpretation or analytical techniques with historical fourth exegesis, historiography or writing activities history so that it will be synthesized into qualitative historical accounts that can be accounted for. In this study it is explained that Sriwijaya is a kingdom that was built starting from a small wanua that develops continuously its power at sea until it becomes the largest maritime ruler. Sriwijaya succeeded in mastering strategic trade shipping lanes at sea. The greatness of Sriwijaya is not free from trade relations with foreign countries such as India, Arab and China, the relationship is mutually beneficial from both sides in the field of politics, economy and religion, so that Sriwijaya greatly benefited as the ruler of the shipping line. Such a condition of Sriwijaya's goal as a ruler of the sea in the archipelago can be achieved easily for the support both politically, economically and religiously from the outside rulers. Keywords: Cruise,Trade, Sriwijaya Kingdom, Foreign Countries.
REKONRTRUKSI PEMIKIRAN KIAI IBRAHIM TUNGGUL WULUNG SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN LOGIKA BERPIKIR POSTKOLONIAL UNTUK OPTIMALISASI JATI DIRI BANGSA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH HUMANIS Reni Dikawati; Sariyatun Sariyatun; Warto Warto
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 7, No 1 (2019): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.481 KB) | DOI: 10.24127/hj.v7i1.1511

Abstract

Pembelajaran sejarah humanis menjadi upaya meneguhkan sisi kemanusiaan dengan pengembangan pengalaman dan kemampuan alamiah baik fisik maupun nonfisik. Penelitian ini mengembangkan pengalaman belajar dengan rekontruksi pemikiran Kiai Ibrahim Tunggul Wulung pada mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Negeri Yogyakarta di mata kuliah sejarah kolonial. Logika berpikir postkolonial mahasiswa untuk optimalisasi jati diri bangsa menjadi corpus penelitian. Temuan penting dari penelitian adalah kontruksi logika postkolonial digunakan sebagai dasar epistemologi menarasikan wacana jati diri bangsa. Analisis menunjukkan intepretasi mahasiswa terhadap narasi jati diri bangsa mampu mengidentifikasi tingkat ketercapaian sikap mahasiswa dalam taksonomi Bloom hasil revisi Peggy Dettmer (2006) di ranah afektif. Dalam perspektif peneliti, logika berpikir postkolonial merupakan sikap yang berkontribusi membentuk mentalitas penghayatan keberagaman sebagai akumulasi karakter jati diri bangsa, memberi peluang borderline menjadi frontline (negosiasi), sehingga memperkuat kebhinekaan sebagai identitas.
PENGEMBANGAN MODUL SEJARAH LEMBAGA ADAT MEGOU PAK UNTUK SMA DI TULANG BAWANG Umi Hartati; Rani Amelia Putri
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 7, No 1 (2019): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.865 KB) | DOI: 10.24127/hj.v7i1.1919

Abstract

Tujuan dalam penelitian dilihat dari setelah melihat Kondisi di SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah masih menggunakan buku teks terbatas penjelasan sejarah lokal dalam pembelajaran yang mengakibatkan pemahaman peserta didik, terutama tentang sejarah lokal masih rendah.Dari permasalahan yang ada perlu dikembangkan modul pembelajaran yang akan dikemas dengan diskusi yang lebih spesifik tentang sejarah lokal, terutama di Tulang Bawang tentang lembaga tradisional Megou Pak Tulang Bawang, mengingat pemerintah telah berusaha memperkenalkan warisan budaya lokal Tulang Bawang dengan membangun monumen patung Megou Pak, produk ini menggunakan metode pengembangan Sugiyono melalui proses validasi oleh para ahli materi dan modul dan guru mata pelajaran sehingga produk ini layak untuk diadili. Media pembelajaran akan mencakup materi yang melingkupi Perjuangan Masyarakat Abad ke-19 Lampung, Masyarakat Adat Lampung, Sejarah Institusi Tradisional Megou Pak Tulang Bawang yang akan memperkuat pemahaman sejarah siswa di SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah.Produk yang dikembangkan yaitu modul pembelajaran sejarah lembaga adat Megou Pak Tulang Bawang layak diuji untuk memperkuat pemahaman siswa di SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan validasi tahap pertama oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah dan diperoleh data yang menyatakan bahwa produk tersebut masih membutuhkan revisi oleh peneliti. Hal ini didasarkan pada hasil validasi oleh ahli materi tahap 1 dengan persentase 75,8%, tahap 2 adalah 87,3%, dan hasil validasi oleh ahli media tahap 1 adalah 75%. Setelah melalui tahap revisi, produk diajukan untuk proses validasi tahap kedua kepada ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi 92,1%, dengan kriteria "Sangat Layak" untuk diuji. Setelah melalui tahap validasi kedua, produk penelitian telah dinyatakan layak uji coba sebagai modul pembelajaran sejarah untuk memperkuat pemahaman sejarah lokal peserta didik di SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah.
DUKUN PATAH TULANG DAN OBATAN TRADISIONAL DI NAGARI KOTO ANAU, KABUPATEN SOLOK PROPINSI SUMATERA BARAT TAHUN 1960-2012 Zusneli Zubir
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 7, No 1 (2019): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1134.41 KB) | DOI: 10.24127/hj.v7i1.1819

Abstract

Keberadaan dukun dan ramuan tradisional di Nagari Koto Anau, Kabupaten Solok Propinsi Sumatera Barat menarik untuk dibicarakan. Ditengah arus modernisasi dan tingginya ketergantungan terhadap tenaga medis, rupanya tidak mengusik kedudukan dukun di tengah mayarakat. Artikel ini disusun berdasarkan metide sejarah yang terdiri dari heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sejak 1960 kedudukan dukun masih menguat, dan mulai terusik sejak 1972 ketika pemerintah menggalakkan Keluarga Berencana (KB), bidan masuk desa, dan lain sebagainya. Kebertahanan para dukun dan ramuan tradisioanlnya, dipicu tingginya biaya persalinan melalui operasi ceasar, maupun trauma cacat pasca operasi patah tulang, menyebabkan masyarakat masih mempercayai jasa mereka, dibandingkan tenaga medis.
EFEKTIVITAS MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH MOHAMMAD HUSNI THAMRIN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN POLITIK SISWA Nazirwan Rohmadi; Ilham Rohman Ramadhan
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 7, No 1 (2019): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.003 KB) | DOI: 10.24127/hj.v7i1.1638

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  efektivitas modul pembelajaran sejarah mohammad husni thamrin untuk meningkatkan kesadaran politik siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Tambun Selatan dengan bantuan metode Problem Based Learning dalam penerapannya menggunakan pendekatan Quasi Eksperimen. Pendekatan Quasi Eksperimen digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Berdasarkan pendekatan tersebut, maka penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa modul pembelajaran sejarah mohammad husni thamrin Siswa yang diberikan materi pembelajaran dengan menggunakan modul sejarah Mohammad Husni Thamrin berbasis PBL memiliki kesadaran politik yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang diberikan materi pembelajaran dengan metode ceramah. Hal itu dibuktikan dengan rerata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 109,57 dan kelas kontrol sebesar 99,17.
PERANCANGAN BUKU KOSTUM DAN TATA RIAS GANDRUNG BANYUWANGI SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA DAERAH Yuli Kartika Efendi; Hervina Nurullita
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 7, No 1 (2019): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.874 KB) | DOI: 10.24127/hj.v7i1.1791

Abstract

Gandrung merupakan salah satu seni tari tradisional khas Kabupaten Banyuwangi. Seni tradisional sangat rentan terhadap modernisasi dan pengaruh perkembangan global. Berbagai upaya dilakukan sebagai bentuk pelestarian aset budaya lokal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil perancangan buku kostum dan tata rias tari Gandrung Banyuwangi sebagai upaya peletarian kesenian daerah. Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan menggali informasi di lapangan. Sumber data penelitian ini didapat dengan metode snowball dengan teknik wawancara. Nara sumber terdiri dari 3 golongan narasumber yaitu seniman dan penari gandrung, tokoh masyarakat dan tokoh budaya serta perias dan sanggar tari. Wawancara dilakukan dengan melakukan pencatatan hasil wawancara, rekaman proses wawancara dan dokumentasi. Bahan wawancara meliputi deskripsi masing-masing nara sumber terhadap bagian-bagian kostum dan tata rias penari Gandrung. Wawancara juga dilakukan dengan media gambar atau foto penari Gandrung untuk memudahkan pembahasan dengan nara sumber. Data wawancara disusun sesuai dengan kategori jawaban atau informasi dari nara sumber. Analisis data dilakukan dengan metode triangulasi 3 nara sumber. Hasil analisis triangulasi menjadi bentuk pendekatan standar kostum dan tata rias tari Gandrung Banyuwangi. Tahap selanjutnya, melakukan penyusunan buku kostum dan tata rias dengan melibatkan seorang penari Gandrung dan seorang tata rias serta fotografer profesional.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART BERBAHAN DASAR BAMBU Rheza Pratama Putra; Tantri Raras Ayuningtyas
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 7, No 1 (2019): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.502 KB) | DOI: 10.24127/hj.v7i1.1906

Abstract

Pengembangan pada media pembelajaran diperlukan dalam hal pemenuhan kebutuhan guru dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran ini sendiri dapat berupa pemanfaatan sumber daya yang ada disekitar, dengan menggunakan bambu contohnya. Penggunaan bambu sendiri dipilih karena potensi sumber daya alam yang berlimpah serta bambu memiliki karakteristik lentur dan mudah dibentuk, membuat bambu cocok untuk dijadikan bahan dasar dari pembuatan Flip Chart. Flip Chart berbahan dasar bambu merupakan sebuah produk baru dari pengembangan media pembelajaran. Melalui metode penelitian Pengembangan (R&D), media ini dapat dijadikan sebagai alat penyampai materi atau sebagai media komunikasi antara guru dengan murid. Penelitian ini melalui bebrapa tahapan sesuai dengan desain pengembangan ADDIE, dengan juga dilakukan uji ahli media serta uji ahli materi guna menilai kelayakan dari media tersebut sebelum nantinya di implementasikan di dalam kelas.
PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENINGGALAN SITUS CAGAR BUDAYA GUA JEPANG DAN UPAYA PELESTARIANNYA Uni Ekowati; Wellem Nggonggoek; Susilo Setyo Utomo
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 7, No 1 (2019): HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.737 KB) | DOI: 10.24127/hj.v7i1.1901

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat sekitar situs cagar budaya terhadap Gua Jepang dan serta partisipasi masyarakat dalam upaya perlindungan dan pelestarian situs cagar budaya. Responden dalam Penelitian ini meliputi: Masyarakat yang tinggal di sekitar Situs Gua Jepang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat yang tinggal di sekitar cagar budaya Gua Jepang menganggap Gua Jepang sebagai tempat peninggalan sejarah yang menyeramkan dan mistis sehingga mereka tidak berani berbuat yang macam-macam di sekitar Gua Jepang. Meskipun persepsi mereka kurang tepat terkait arti penting Gua Jepang namun sikap positif mereka tunjukkan dalam mendukung pemerintah dalam upaya perlindungan dan pelestarian cagar Budaya Gua Jepang. Hal ini juga karena peran instansi terkait dalam memberikan sosialisasi pelestarian cagar budaya Gua Jepang.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019